Garuda Indonesia Menambah Penerbangan ke Tiongkok

Garuda Indonesia kembali mengembangkan jaringan penerbangan di pasar Tiongkok dengan meresmikan jalur penerbangan Denpasar-Guangzhou pp. Dilayani sebanyak 3 kali per minggu, yaitu Selasa, Jumat dan Minggu. Rute baru ini menggunakan pesawat Boeing 737-800 NG dengan kapasitas 12 penumpang kelas bisnis dan 150 penumpang kelas ekonomi.
Sebanyak 873.897 wisatawan mancanegara asal Tiongkok mengunjungi Indonesia pada Januari-September 2015. Jumlah dari 3 kuarter pertama 2015 itu mendekati catatan kunjungan wisman Tiongkok selama 12 bulan di tahun 2014, yaitu 926.750 orang. Data-data bersumber dari Pusdatin Kemenpar, BPS, dan Ditjen Imigrasi.
Indonesia menargetkan jumlah wisman Tiongkok tahun ini jauh melebihi capaian tahun lalu, yaitu 1,3 juta orang. Rute yang baru dibuka ini diharapkan bisa mendorong peningkatan tajam wisman Tiongkok ke Indonesia pada akhir tahun ini. Sehingga, target 1,3 juta wisman Tiongkok bisa digenapi. Namun, jika pun target tahun ini tak tercapai, penerbangan yang baru dibuka Garuda ini dipastikan akan berdampak positif pada jangka panjang.
Direktur Layanan Garuda Indonesia, Nicodemus P. Lampe, mengatakan bahwa “Tiongkok merupakan pasar yang sangat penting bagi Garuda Indonesia dan kami akan terus mengembangkan layanan penerbangan kami ke negara ini”.
Dengan dibukanya penerbangan baru Denpasar-Guangzhou ini, maka Garuda melayani penerbangan ke Tiongkok sebanyak 24 kali setiap minggunya, yaitu Shanghai-Jakarta pp (7 kali), Beijing-Jakarta pp (4 kali), Beijing-Denpasar pp (3 kali), Guangzhou-Jakarta pp (7 kali), dan yang terbaru Guangzhou- Denpasar pp (3 kali).
Selain itu, penerbangan Garuda Indonesia dari Tiongkok menuju Denpasar juga akan terkoneksi dengan rute domestik lainnya di Indonesia, seperti Yogyakarta, Makassar, Manado, Labuan Bajo, dan berbagai destinasi wisata domestik lain yang saat ini terus dikembangkan oleh pemerintah. (*)