Ke Silangit Sekarang Bisa Naik Garuda Dari Jakarta

Kabar gembira, sekarang Garuda Indonesia bisa melayani rute penerbangan dari Jakarta Ke Silangit PP.

Hal ini untuk memperkuat jaringan penerbangannya di domestik, khususnya memperkuat konektivitas jaringan penerbangan di wilayah barat Indonesia. Penerbangan baru ini juga sekaligus sebagai bentuk tindak lanjut Garuda Indonesia atas Rapat Terbatas Percepatan Kawasan Danau Toba yang dipimpin oleh Presiden RI pada awal Maret lalu.

Peresmian penerbangan tersebut dilaksanakan secara simbolis oleh Direktur Utama Garuda Indonesia, M. Arif Wibowo di Gate F7 Terminal 2, Bandara Internasional Soekarno Hatta. Turut hadir dan ikut serta dalam penerbangan perdana tersebut perwakilan dari Kementerian BUMN, Kementerian Perhubungan, dan Kementerian Pariwisata.

Penerbangan Jakarta-Silangit pp melalui Pinangsori  dilayani dengan menggunakan GA 268, berangkat dari Jakarta pukul 08.50 WIB dan tiba di Bandara Bandara Silangit pada pukul 10.50 WIB, dan berangkat dari Silangit menuju Pinangsori pada pukul 11.30 WIB dan tiba di Pinangsori pukul 11.55 WIB.

Sementara itu GA 269 berangkat dari Pinangsori langsung menuju Jakarta pada pukul 12.35 WIB dan tiba di Jakarta pada pukul 14.40 WIB. Penerbangan ini dilayani sebanyak tiga kali dalam seminggu, yaitu setiap hari Selasa, Jumat dan Minggu dengan menggunakan menggunakan pesawat jenis  CRJ-1000 terbaru dengan kapasitas sebanyak 96 penumpang (semua kelas ekonomi).

Direktur Utama Garuda Indonesia M. Arif Wibowo mengatakan bahwa pembukaan rute baru ini merupakan bagian dari pengembangan jaringan penerbangan yang terus dilakukan oleh Garuda Indonesia dan juga merupakan wujud komitmen Garuda dalam mendukung program pemerintah dalam pengembangan destinasi wisata Danau Toba sebagai salah satu dari 10 Destinasi Wisata Prioritas di Indonesia.

“Selain itu, pembukaan rute ini juga merupakan bagian dari komitmen Garuda Indonesia untuk mendukung program-program pemerintah dalam meningkatkan konektivitas antar pulau dan kota khususnya dalam memajukan pariwisata. Layanan ini diharapkan dapat meningkatkan dan mengembangkan pariwisata serta ekonomi nasional melalui akses menuju destinasi-destinasi baru.”, tambah Arif.

IMG-20160322-WA0056

Sejalan dengan upaya Garuda untuk terus mengembangkan dan memperkuat jaringan penerbangannya di pasar domestik khususnya ke wilayah-wilayah yang menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru dan tujuan wisata di remote area di Indonesia, maka sejak akhir 2013 lalu, Garuda Indonesia telah memperkenalkan sub-brand “Explore” dan “Explore Jet”, yaitu pesawat ATR72-600 dan Bombardier CRJ1000 NextGen yang mampu melayani rute-rute penerbangan ke wilayah-wilayah di Barat dan Timur Indonesia yang memiliki keterbatasan landasan.

Sementara itu, sebagai bagian dari program pengembangan armada yang berkelanjutan, sepanjang tahun 2016 Garuda Indonesia Group akan menerima kedatangan total 17 armada baru yang terdiri dari satu Boeing 777-300ER, empat Airbus A330-300, empat ATR72-600, dan delapan Airbus A320 untuk Citilink. Dengan demikian, hingga akhir 2016 ini Garuda Indonesia Group akan mengoperasikan total 188 armada yang terdiri dari 144 armada Garuda Indonesia dan 44 armada Citilink.  

Selain itu, sebagai bentuk pengakuan atas program transformasi dan pengembangan bisnis yang terus dilaksanakan, Garuda Indonesia dapat mempertahankan predikat sebagai “5-Star Airline” serta mendapatkan penghargaan “The World’s Best Cabin Crew” dari SkyTrax selama dua tahun berturut-turut.(*)