Manusia Super ‘Ironman’ 70.3 Kembali Digelar di Bintan

 

Manusia Super ‘Ironman’ 70.3 Kembali Digelar di BintanOlahraga triatlon manusia super ‘Iron Man’  70.3 akan kembali dihelat di Bintan Agustus mendatang.

Terpilihnya kembali Bintan sebagai lokasi ajang triathlon IRONMAN 70.3 oleh IRONMAN bersama penyelenggara acara  MetaSport ini semakin memperkuat posisi Bintan sebagai destinasi sport tourism  kelas dunia. Banyak even olahraga internasional digelar di Bintan tahun ini akan mendongkrak pariwisata great Batam/Bintan.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya yang disampaikan oleh Asisten Diputy Pemasaran Eropa yang juga Plh Diputy Mancanegara Kementerian Pariwisata menyambut baik digelarnya ajang triathlon IRONMAN 70.3 yang akan diikuti sekitar 1.000 peserta dari mancanegara. Penyelenggaraan Ironman 70.3 di Bintan akan membawa dampak langsung pada peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman)  ke Indonesia yang tahun ini mentargetkan 12 juta wisman, sebanyak  2,5 juta wisman di antaranya akan masuk melalui great Batam/Bintan.

“Penyelenggaraan  ajang triathlon IRONMAN 70.3 memberi direct impact  terhadap peningkatan kunjungan wisman dan perolehan devisa. Minimal sekitar 1.000 wisman akan masuk dan membelanjakan dollarnya di Bintan. Selain itu even seperti ini mempunyai media value yang tinggi. Banyak atlet IRONMAN 70.3 dunia datang  ke Bintan mengikuti ajang ini tentunya akan menjadi pemberitaan media internasional,” kata Nia dalam jumpa pers  di FX Mall Jakarta, Kamis (7/4).

Menpar Arief Yahya menjelaskan, Bintan memiliki keunggulan berupa daya tarik alam (nature); pantai berpasir putih, taman laut dan hutan tropis serta  dilengkapi dengan fasilitas infrastruktur kelas dunia. Selain itu lokasinya yang dekat dengan Singapura,  hanya 45 menit menggunakan kapal ferry, menjadikan Bintan sebagai salah satu destinasi wisata andalan dalam mencetak wisman. “Pertumbuhan wisman melalui  great Batam/Bintan  trennya  terus meningkat. Pada Februari 2016 naik 10,5% menyamai pertumbuhan great Bali,” kata Nia.

Jumlah kunjungan wisman ke Indonesia pada Februari 2016 tercatat sebanyakn 888,3 ribu wisman atau naik sekitar 5,26% dibandingkan pada  Februari 2015. Sebagian besar wisman masuk melalui great Bali sebanyak  367  ribu wisman atau tumbuh 10,19%, sedangkan wisman yang masuk melalui great Batam/Bintan sebanyak  120.351 wisman atau tumbuh 10,53%.

Seperti pada penyelenggaraan tahun lalu, kompetisi IRONMAN tahun ini akan dipusatkan di Plaza Lagoi, sebagai pusat pengembangan pariwisata yang berada di Teluk Lagoi kawasan Bintan Resorts. Para atlet IRONMAN 70.3 akan memulai dengan berenang sejauh 1.2 mil (1.9 km) di air yang tenang dan jernih dengan pemandangan dasar laut yang indah, kemudian dilanjutkan dengan  bersepeda di jalanan Bintan yang mulus dan lebar sepanjang 56 mil (90 km) serta diakhiri dengan lomba lari dalam 3 lap  sepanjang  21 km.

Di Plaza Lagoi tersebut juga menjadi tempat untuk acara expo yang akan berlangsung pada 27 Agustus  serta  tempat berkumpulnya para atlet  untuk melakukan pendaftaran ulang, mengambil goodie bags, menyaksikan instruksi pertandingan dan berbelanja karena pada expo dijual berbagai macam peralatan triathlon serta produk dengan logo IRONMAN. Di tempat berkumpul tersebut, para atlet diberikan kesempatan untuk berkenalan dengan para atlet-atlet pro lainnya di sesi “Meet the Pros” dan menghadiri makan malam/carbo loading di IRONMAN Village.

Menurut CEO  Metasport , Nathalie Marquet, IRONMAN 70.3 Bintan tahun ini banyak menjaring dari para peserta yang akan mengikuti  kejuaraan dunia IRONMAN 2016 di Kona, Hawaii yang akan berlangsung pada pertengahan Oktober 2016 atau 6 minggu  setelah penyelenggaraan IRONMAN 70.3 Bintan.  Suasana Bintan yang mirip dengan Hawaii menjadi pertimbangannya. “Kami mentargetkan 1.000 peserta untuk acara tahun ini. Terdapat minat yang terus bertumbuh dari Indonesia dan kami berharap 15% atlet dari Indonesia dapat ikut kompetisi ini. Banyak atlet pemula yang masih belum siap untuk melakukan ketiga tantangan secara utuh, sehingga mereka mendaftarkan dalam tim estafet yang terdiri dari satu perenang, satu pengendara sepeda, dan satu pelari,” lanjut Nathalie.

IRONMAN 70.3 Bintan memiliki 30 slot untuk diperebutkan di Kejuaraan Dunia IRONMAN 70.3 tahun 2017 yang akan berlangsung di kota Chattanooga, Tennessee, Amerika Serikat.  Sementara itu pada ajang IRONMAN 70.3 Bintan tahun lalu  keluar sebagai pemenang adalah  Brad Kahlefeldt dari Australia dan Gina Crawford dari Selandia Baru. Para peserta yang menyelesaikan tantangan akan menerima medali IRONMAN 70.3, polo shirt, handuk, sertifikat dan beberapa fasilitas barang sponsor lain. Untuk pendaftaran dan panduan lebih dalam mengenai IRONMAN 70.3 Bintan, silahkan kunjungi http://www.ironmanbintan.com/.

Nathalie menjelaskan, selain IRONMAN 70.3 Bintan, Metasport juga akan menyelenggarakan even Bintan Triathlon pada 28-29 Mei 2016. Dengan jarak lomba lebih pendek dan suasana yang ramah, Bintan Triathlon dapat  digunakan oleh para calon atlet IRONMAN 70.3 sebagai kesempatan berlatih sekaligus menguji kondisi balapan.(*)