Ribuan Atlit Daftarkan Diri Pada Bintan Triathlon 2016

Ajang olahraga bergengsi kelas dunia yaitu thriathlon digelar kembali di Bintan. Perhelatan berskala international itu adalah Bintan Triathlon yang akan dilaksanakan di Bintan pada tanggal 28 hingga 29 Mei 2016, mendatang.

”Data dari panitia ribuan orang sudah confirm akan ikut, sebelum pelaksanaan juga akan diadakan Swim Classic pada tanggal 27 Mei 2016. Bintan akan diserbu banyak wisatawan dan kami mendapatkan kabar bahwa pendaftaran juga sudah penuh. Ini sebuah kabar gembira,” kata Bupati Bintan Apri Sujadi.

Apri mengatakan, perhelatan itu akan mengambil tempat di kawasan wisata terpadu Nirwana Gardens, Pulau Bintan, Kepulauan Riau. Berbagai medan tempuh akan dilewati oleh peserta dengan menyajikan keindahan Bintan. Apri memaparkan, para peserta nantinya akan merasakan berenang di lepas pantai yang indah di Nirwana Gardens.

Kemudian saat bersepeda peserta akan melewati jalanan Bintan yang lebar dan mulus serta panorama indah di kawasan wisata Lagoi. Saat berlari peserta juga akan melalui rerimbun pepohonan dan pantai yang indah di Nirwana Gardens. ” Nikmat dan indah mengujungi Bintan,” ujarnya.

Bintan Triathlon merupakan Asia’s Premier Triathlon Festival di mana bukan hanya memberikan pengalaman bagi pesertanya namun juga hiburan dengan adanya kelas yoga, mencoba rute sepeda, melukis wajah, kolam busa, dan pesta di pinggir pantai setelah lomba. Bintan Triathlon diorganisasi oleh Tribob, sebuah perusahaan manajemen olahraga yang berkedudukan di Singapura, sementara lombanya diselenggarakan oleh Meta Sport yang berpengalaman menyelenggarakan triathlon.

”Kami juga rencananya akan memberikan apresiasi dengan menyajikan pertunjukan seni budaya yang meriah bagi peserta,” katanya.

Pulau Bintan sendiri merupakan pulau tropis yang lokasinya tidak jauh dari Singapura. Di pulau indah ini terdapat hotel-hotel berkelas internasional dan lima lapangan golf fantastik, bahkan beberapa di antaranya merupakan yang terbaik di Asia.

”Pulau Bintan juga memiliki banyak pantai yang menjadi lokasi wisata bahari dengan kondisi alam dan iklim nan eksotis serta dapat pula menikmati wisata sejarah dan budaya. Kebanyakan pengunjung datang ke Bintan dengan kapal ferry. Bintan juga mempunyai bandara kecil di Tanjung Pinang yang melayani penerbangan dari Jakarta,” bebernya.

Bintan merupakan tempat yang seksi untuk wisatawan. Buktinya, ada data dari Kementerian Pariwisata, jumlah kunjungan wisman ke Indonesia pada Februari 2016 tercatat sebanyak. 888,3 ribu wisman atau naik sekitar 5,26% dibandingkan pada Februari 2015. Sebagian besar wisman masuk melalui great Bali sebanyak 367 ribu wisman atau tumbuh 10,19%. Sedangkan wisman yang masuk melalui great Batam/Bintan sebanyak 120.351 wisman atau tumbuh 10,53%.

Agenda yang akan diikuti minimal 1.000 peserta dari mancanegara itu cukup berdampak pada kunjungan wisman ke tanah air. Prediksinya, bakal direct impact pada peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia yang tahun ini menargetkan 12 juta wisman. Dan 2,5 juta wisman di antaranya akan masuk melalui great Batam/Bintan.

Triathlon merupakan kombinasi beberapa olahraga, yaitu renang, balap sepeda dan lari. Kategori yang akan dilombakan dalam Bintan Triathlon adalah: Olympics Distance yang terdiri dari 1,5km berenang, 40km bersepeda, dan 10 berlari, Sprint Distance terdiri dari 750m berenang, 20 km bersepeda, dan 5 km berlari, Youth Distance terdiri dari 300m berenang, 12 km bersepeda, dan 3 km berlari, Kids Distance terdiri dari 150 m berenang, 6 km bersepeda, dan 1,5 km berlari.

Selain kategori tersebut pada ajang Bintan Triathlon ini terdapat pula perlombaan baru seperti Super Sprint Relay, Fun Duo Challenge serta Bintan Swim Classic.Pada Super Sprint Relay peserta beranggotakan 3 orangdan menempuh 250 m renang, 6 km bersepeda dan 1,5 km berlari. Syaratnya adalah minimal berumur 16 tahun pada 31 Desember 2016.

Menpar Arief Yahya mendorong Bintan, Batam dan Provinsi Kepri untuk terus membuat event yang mengundang wisman datang. Apakah itu bertema sport tourism, MICE, cultural event, show musik dan berbagai acara lainnya. “Akses yang cepat, dekat, dan murah akan menjadi keunggulan Bintan dan Batam sebagai trmpat wisatanya Singapore,” ungkap Menteri Pariwisata Arief Yahya. (*)