Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) memantau langsung pelaksanaan Pilkades di 16 desa yang ada di Kabupaten Bekasi usai  melakukan monitoring di sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Acara tersebut berlangsung secara Virtual di Command Center Diskominfo Santik, Cikarang Pusat, Minggu (20/12/2020).

Panitia Pilkades dari 16 desa yang melaksanakan Pilkades melaporkan langsung kepada Bupati Bekasi terkait keikutsertaan atau partisipasi masyarakat dalam Pilkades yang dilaksanakan secara serentak tersebut.

Dari laporan beberapa desa melalui zoom meeting partisipasi pemilih dalam Pilkades dari 16 desa tersebut rata-rata diatas 90 Persen  bahkan beberapa desa melebihi atau diatas 95 Persen.

“Di TPS kami partisipasi mencapai 95 Persen dan kami saat ini tengah melaksanakan penghitungan suara sejak jam 13.00 tadi siang,” ujar Nur Rohmat salah satu Koordinator KKPS 34 Desa Mangunjaya, kecamatan Tambun Selatan.

Camat Tambelang, Firzawati mengatakan Pilkades di Kecamatan Tambelang tepatnya di Desa Sukarapih dari jumlah 5.944 hak pilih. Masyarakat di desa tersebut diatas 90 persen yang memberikan hak suaranya. Sedang rekapitulasi di TPS saat ini sedang berlangsung.

“Alhamdulilah sesuai dengan protokol kesehatan dan tidak ada kasus Covid-19 disini,”ujarnya.

Sementara itu Camat Cibarusah Kurnaefi, melaporkan kondisi Pilkdes di Desa Wibawamulya, Kecamatan Cibarusah berjalan aman dan lancar.  Ia juga menghimbau kepada kontestan untuk tidak mengerahkan massa atau menimbulkan kerumunan saat penghitungan suara.

“Kalau untuk partisipasi mencapai 95 Persen. Saya juga sudah mengumpulkan para calon untuk tidak mengerahkan masa baik kalah atau pun menang harus legowo menerimanya,” terangnya.(*)