Peringatan Hari Nusantara Nasional Ke 19 jadi berkah buat Kota Pariaman. Pasalnya ada event nasional jadi bersolek menghias diri dengan memperbaiki infrastruktur.
“Dipercayakannya Kota Pariaman sebagai tuan rumah Peringatan Hari Nusantara tahun 2019 menjadi berkah tersendiri bagi Kota Pariaman, terutama dalam pembangunan infrastruktur. Akses jalan menuju lokasi Puncak Acara Peringatan Hari Nusantara di Pantai Gandoriah berhasil diaspal hotmix hanya dalam tempo dua hari pengerjaan saja,” ungkap Walikota Pariaman Genius Umar. 
Lantaran Kota Pariaman dipinggir pantai Gondariah sektor pariwisatanya sudah dirintis sejak lama. Dari segi infrastruktur turut mengembangkan sektor pariwisata dan perekonomian masyarakat, khususnya keluarga nelayan yang berada di sepanjang Pantai Gandoriah.”Pantai dan pulau-pulau yang dulunya tidak menarik, kita bangun menjadi destinasi wisata yang menarik. Kawasan perkampungan nelayan yang dulunya kumuh, kita jadikan kawasan wisata kuliner yang menggugah selera, sehingga memiliki nilai tambah terhadap peningkatan ekonomi keluarga nelayan di Kota Pariaman,” jelasnya. 
Pembangunan dan perkembangannya melengkapi identitas kota Pariaman sebagai kota Maritim.
“Melalui kesempatan ini dapat kami sampaikan, dengan ditetapkannya Kota Pariaman sebagai tuan rumah peringatan Hari Nusantara tahun 2019, semakin meneguhkan tekad kami siap menjadi penyangga utama Poros Maritim Nasional, gagasan besar dari Presiden Joko Widodo untuk menjadikan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia,” tutur Genius. 
Perkembangan Pantai Gondoriah dinilai Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit cukup pesat. “Pembangunan dibantu dengan bantuan APBN dan pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Kami berharap pembangunan ini bisa menurunkan angka kemiskinan, serta menjadikan pariwisata di Sumatera Barat sebagai destinasi wisata tingkat internasional,”tuturnya.
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto yang hadir mewakili Presiden Joko Widodo berharap momentum peringatan Hari Nusantara bisa melahirkan semangat yang mencerminkan kekuatan dan kekompakan bangsa. Masyarakat Kota Pariaman juga diminta mampu mengembangkan potensi ekonomi, khususnya di sektor pariwisata. 
“Peringatan Hari Nusantara merupakan sarana penguwawasan nusantara dan sarana mengembangkan potensi daerah seperti menjadi destinasi pariwisata nasional maupun internasional,” ucap Airlangga. 
Ia mengingatkan agar laut ditempatkan sebagai sumber daya yang potensial dan mampu menjadi perekat budaya maritim. Juga dapat mewujudkan stabilitas dan keamanan di seluruh kawasan Indonesia. 
Acara ini turut dihadiri oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Asops KASAL Laksamana Muda TNI Didik Setiyono, dan Dirjen Kominfo Widodo Muktiyo. Dalam kesempatan ini, turut diadakan penandatanganan Prasasti Kawasan Gandoriah, Prasasti Pengamanan Pantai Pariaman, dan Prasasti Bantuan Rumah Khusus Nelayan Nagari Karan Aur. Dan juga diberikan bantuan stimulan rumah swadaya sebanyak 1.000 unit.(*)