Demi memastikan programBekasi Bersih Sehat dan Berkah (Berseka) terlaksana dengan baik Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja meluncur ke Gang Poncol Hijau RW.02 Desa Pasirsari, Kecamatan Cikarang Selatan, Rabu (2/12/20).

Usai memimpin Rapat minggon dengan para Kepala Desa dan Muspika Kecamatan Cikarang Selatan, Bupati didampingi Camat Cikarang Selatan serta unsur Muspika Kabupaten Bekasi tiba di tempat tujuan.

Program Berseka sendiri adalah upaya Pemerintah Bekasi untuk menata dan mengentaskan kawasan kumuh yang ada di wilayah Kabupaten Bekasi

Bupati Bekasi, menyampaikan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bekasi sampai saat ini terus gencar melakukan penataan serta pembangunan di wilayah yang masih dianggap kumuh yang tersebar di sejumlah desa dan kecamatan.

“Saya ingin kampung- kampung kumuh menjadi kampung yang layak. Kampung yang tertata, dari mulai tertata lingkungannya, ekonominya serta kita berdayakan masyarakatnya,” jelasnya.

Dirinya berharap, kampung Desa Pasirsari menjadi kampung percontohan. Dari urusan kebersihan, serta masyarakatnya sehat. Serta program Berseka bisa bermanfaat buat masyarakat Kabupaten Bekasi.

Sementara itu, Warga Desa Desa Pasirsari Martinah mengaku senang, karena kampungnya yang semula menjadi tempat pembuangan sampah liar dan terlihat kumuh itu kini berubah menjadi rapi, indah, serta tertata.

“Saya sangat berterima kasih kepada Bapak Bupati Bekasi karena kampung saya yang tadinya kumuh, sampah berserakan, jalan-jalan pada rusak, sekarang alhamdulillah sudah bagus. Jalanan rapi, sampah juga sekarang ada penampungannya, jadi bersih sehat dan berkah,” ucapnya.

Sementara itu Pemerintah Daerah di tahun 2020 mengalokasikan anggaran sebesar Rp52 miliar untuk melakukan pembangunan di kawasan kumuh di empat kecamatan yakni Kecamatan Tambun Selatan, Tambun Utara, Cikarang Selatan, dan Kecamatan Cibitung.

Program Berseka meliputi 12 Indikator diantaranya Rutilahu, Jalan Lingkungan, Drainase, Sanitasi, Air Bersih, Persampahan, TBM, Rasda, Proteksi Kebakaran, Posyandu, Pemberdayaan Masjid/Mushola.

Desa Pasirsari Kecamatan Cikarang Selatan mendapatkan penanganan Kawasan Permukiman Kumuh Program Beseka. Dengan kegiatan yang meliputi peningkatan jalan lingkungan dengan lebar 3 meter sepanjang 300 meter dihiasi lukisan mural dikanan kiri, lengkap dengan saluran drainase tertutup bercorak kuning hitam dan penyediaan sarana air bersih.(*)