Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi terus berupaya mendorong pihak Kawasan Industri dalam melakukan pemberdayaan Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

Kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) menjadi sebuah integrasi antara industri besar dan industri kecil. Dimana industri kecil dapat menerima bahan-bahan produksi dari industri besar.

Hal itu diutarakan Pj. Bupati Bekasi, Dani Ramdan, pada saat menghadiri Penandatanganan Kerja Sama Pemberdayaan Koperasi dan UKM bersama PT Hyundai Inti Development di Nuanza Hotel, Kamis (02/09/2021).

“Mudah-mudahan ini bisa menjadi model dan terus berkembang dikawasan industri lainnya dan UKM lainnya. Sehingga UKM lainnya, mendapatkan manfaatnya langsung dari industri yang ada di Kabupaten Bekasi,” ungkap Pj. Bupati Bekasi.

Dirinya menyampaikan, perkembangan industri yang begitu hebat harus diikuti dengan perkembangan yang baik. “Maka jika kita ingin industri kita berkelanjutan, harus ada link and match antara industri besar dan industri kecil,” singkatnya.

Lebih lanjut, dirinya mengatakan, dengan melakukan pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan industri nantinya spesifikasi yang dihasilkan dapat tercapai. Sehingga penyerapan produknya dapat maksimal dan membantu perekonomial UKM lokal.

“Kami butuh alat yang spesifikasinya tinggi dan sebagainya. Oke, nanti Pemda yang ngelatih supaya spesifikasinya tercapai. Syukur-syukur, dibantu juga oleh industri besarnya. Mesinnya, tekhnologinya, pendampingannya. Sehingga tidak ada alasan industri besar tidak bisa menyerap produk-produk industri kecil,”jelasnya.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, Iyan Priyatnya, menuturkan rasa terimakasihnya kepada PT Hyundai Inti Development atas bantuan mesin jahit yang diberikan kepada pengrajin kain majun.

“Kegiatan ini merupakan penetrasi pasar ke kawasan industri. Dengan produksi yang dapat mendukung kegiatan utama perusahan. Ini berpotensi besar untuk diserap bagi industri-industri yang notabene terbesar di Asia Tenggara.” Imbuhnya.

Presiden Direktur PT Hyundai Inti Development, Bae Jae Young mengatakan dalam sambutannya, komitmen perlu dilakukan dalam menghadapi situasi sulit seperti saat ini. Dengan ikut membantu Pemkab Bekasi dalam upaya pemulihan ekonomi masyarakat.

“Saya yakin kita dapat mengatasinya secara bersama sama. Untuk turut membantu Kabupaten Bekasi. Salah satunya dengan menyerap kain majun binaan UKM Kabupaten Bekasi.” tutupnya.

Dalam kegiatan tersebut turut diserahkan bantuan berupa mesin jahit kepada para pengrajin kain majun. Serta, Penandatanganan perjanjian kerja sama antara PT Hyundai Inti Development dengan Koperasi Mitra Sari Bersama.(*)