Keunikan dan keindahan ragam budaya Indonesia tak akan pernah ada habisnya untuk terus dipromosikan. Dukungan terhadap promosi destinasi pariwisata Indonesia terus dilakukan oleh Kementerian Pariwisata, salah satunya melalui ajang Car Free Day Jakarta. Hari Minggu (28/4) ini adalah giliran Pesona Jawa Barat yang akan diboyong ke Car Free Day (CFD) Jakarta, tepatnya di Park and Ride Thamrin 10 (sebelah Hotel Sari Paciific Jakarta). Acara ini akan digelar sejak pukul 06.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB.

“Sebagai bagian dari kegiatan CFD Jakarta, tentunya acara ini akan dibuka dengan kegiatan olahraga, yaitu Zumba bersama dengan instruktur-instruktur Zumba profesional.” ujar Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata Rizki Handayani. “Yang unik dari kegiatan ini adalah setelah berolahraga, para pengunjung akan langsung diajak untuk merasakan pengalaman mengikuti secara langsung dan interaktif kegiatan seni khas Jawa Barat bersama-sama”, lanjutnya.

Jawa Barat sendiri letaknya sangat dekat dengan Jakarta, ditunjang dengan berbagai kemudahan aksesibilitas, menjadikan Jawa Barat sebagai destinasi yang menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun asing. Berbagai kegiatan wisata dapat dilakukan di Jawa Barat, baik wisata alam, wisata kuliner, maupun wisata modern. Salah satu wisata alam yang sangat menarik adalah Geopark Ciletuh, Pelabuhan Ratu, yang baru saja diresmikan sebagai UNESCO Global Geopark di Tahun 2018 lalu. Disebut sebagai destinasi wisata paket lengkap, disini ada landscape perbukitan indah seperti bukit Panenjoan, Puncak Darma sang primadona, air terjun Curug Sodong Kembar, pematang sawah Cimarinjung, dan Pantai Palangpang yang dikelilingi bukit dan menjadi inti zona Geopark Ciletuh. sangat Indah!

“Pemilihan destinasi Pesona Jawa Barat juga mempromosikan Calendar of Event (COE) yang akan dilaksanakan di sana dalam waktu dekat yaitu Asia Afrika Festival”, ujar Don Kardono, staf khusus Menteri Bidang Komunikasi dan Media, Kementerian Pariwisata. “Festival ini adalah salah satu acara yang masuk dalam Top 10 National Events di Indonesia” tambahnya.

Berbagai suguhan budaya sudah dipersiapkan untuk dinikmati para pengunjung. Bukan hanya menonton, pengunjung juga akan diajak untuk bermain angklung bersama secara interaktif sambil menikmati tari Jaipong khas dari Jawa Barat. Setelah itu, pengunjung dapat menikmati suguhan khas Jawa Barat seperti Batagor dan Siomay. Untuk mengikuti acara Pesona Jawa Barat di CFD Jakarta, pengunjung tidak dipungut biaya, alias gratis.

Pesona Jawa Barat di CFD Jakarta juga akan dimeriahkan dengan talkshow serta _meet and greet_ bersama Novita Angie (@novitaangie) dan juga para _influencer traveller_ seperti Chika (@siska_kusmayati). Ada juga Kartika Noviyanti (@noviyantikartika1) dan Imam Wibowo (@imam_wibowo) yang akan berbagi berbagai cerita seru mengenai destinasi menarik di Jawa Barat hingga berbagi tips travelling. Tak ketinggalan, pengunjung bisa mengikuti berbagai _games_ menarik.

Menjadi media promosi, beragam sajian kuliner, _handy craft_, hingga travel siap dipersembahkan. Begitupun komunitas yang ikut diundang untuk meramaikan diantaranya letsgotrip.community, letsgo.motret, bpijabodetabek, komunitas zumba, kelas pagi jakarta, iphonesia, letsgotrip.indo, komunitas sepeda onthel, traveller kaskus, dan banyak lagi.

Menteri Pariwisata Arief Yahya berharap, Pesona Jawa Barat bisa lebih dikenal masyarakat, terutama dengan banyaknya perkembangan baru pariwisata di Jawa Barat. “Jika ingin tahu lebih banyak mengenai destinasi wisata baru yang menarik di Jawa Barat, datang saja langsung ke acara Pesona Jawa Barat di CFD Jakarta, dan rasakan langsung pengalaman unik berbeda yang akan disajikan disana,”tutupnya.(*)