Pemilihan kepala desa segera digelar di Kabupaten Bekasi, Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja mengajak para Calon Kepala Desa (Kades) untuk siap kalah dan menang.

Hal itu dikatakannya pada saat menghadiri Kegiatan Deklarasi Damai Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara Serentak di Gedung Swatantra Wibawa Mukti, Rabu (18/11/2020).

Selain hal di atas, Bupati Bekasi juga menginstruksikan kepada Panita, Peserta dan masyarakat agar dalam pelaksanaan Pilkades tetap menjaga dan mematuhi protokol kesehatan Covid-19. Terutama disetiap tahapan penyelenggaraan Pilkades.

“Disituasi pandemi Covid-19 yang saat ini masih terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Bekasi. Saya meminta, kepada seluruh pihak agar tetap menjaga dan mematuhi protokol kesehatan dalam segala aktivitas,” terangnya.

Pria yang akrab dipanggil Bang Eka inipun dengan tegas melarang bagi Calon Kades, untuk tidak melakukan pawai atau arak-arakan keliling. Serta, menimbulkan kerumunan bagi para pendukung Calon Kades.

“Tahapannya memang sudah berjalan semua. Tinggal pemungutan suara dan penghitungan suara. Jadi, tidak adalagi nanti kumpul-kumpul setelah perhitungan. Tidak boleh ada pawai,” tegasnya.

Dirinyapun meminta, agar panitia dapat menambah bilik suara dan juga melakukan penghitungan secara langsung ditempat pemungutan suara. Kepada pihak keamanan, Bupati menekankan untuk dapat melakukan keamanan pada pemilihan Kades.

“Saya berharap, nantinya tidak ada klaster pemilihan Kades. Bilik suara agar diperbanyak, dihitung secara serentak. Agar nanti tidak ada rekapitulasi di Desa yang dikhawatirkan warga pendukung para calon dapat berkumpul. Nanti secara teknis agar diatur,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, para Calon Kades juga membacakan deklarasi secara bersamaan. Dibacakan oleh Calon Kades yang berasal dari Tanjungsari, Kecamatan Cikarang Utara, M. Dahlan.

Pada acara tersebut 56 Calon Kades dari 16 Desa di Kabupaten Bekasi, turut hadir dalam kegiatan tersebut jajaran Forkopimda Kabupaten Bekasi diantaranya Kapolres Metro Bekasi, Dandim 0509 Kabupaten Bekasi dan Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Bekasi, Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi, beberapa Kepala Perangkat Daerah dan Camat juga tampak terlihat di dalam kegiatan tersebut. (*)