Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja mengikuti rapat koordinasi dengan para kepala daerah se-Indonesia secara virtual bersama Presiden RI Joko Widodo. Bupati mengikutinya di Command Center Gedung Diskominfosantik, Komplek Pemkab Bekasi, Cikarang Pusat, Rabu (28/04/2021).

Eka menyampaikan, ada dua arahan dari Presiden Jokowi kepada para kepala daerah, yakni terkait penanggulangan Covid-19 dan pemulihan ekonomi.

“Termasuk antisipasi libur panjang Hari Raya Idul Fitri. Kita akan melakukan langkah-langkah dengan mengedukasi masyarakat agar tidak melakukan mudik,” kata Eka.

Bupati Eka mengatakan, pihaknya mendukung larangan mudik pada lebaran tahun ini, untuk mencegah terjadinya lonjakan kasus Covid-19 seperti pasca libur panjang sebelumnya.

Pemerintah Kabupaten Bekasi, kata Eka, sudah berupaya untuk menekan kenaikan kasus Covid-19 agar tidak meningkat. “Alhamdullilah hari ini kasus Covid-19 di Kabupaten Bekasi sudah landai,” ujarnya.

Namun demikian, dirinya mengimbau masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan, supaya angka Covid-19 jangan sampai meningkat lagi.

Selain itu, pada rakor tersebut, Presiden Jokowi juga menginstruksikan kepada pemerintah daerah, baik provinsi dan kabupaten/kota untuk segera membelanjakan APBD, karena perputaran uang di sebuah daerah sangat menentukan pertumbuhan ekonomi.

Rapat kordinasi virtual bersama Presiden Jokowi juga dihadiri forum komunikasi pimpinan daerah Kabupaten Bekasi, Kapolres Metro Bekasi Kombes Pol Hendra Gunawan, Dandim 0509/Kabupaten Bekasi Letkol Kav Tofan Tri Anggoro, Kepala Kejari Kabupaten Bekasi, Rara Mahayu Dian Suryandari serta Ketua DPRD Kabupaten Bekasi, BN Holik Qodratullah.(*)