Tahap pertama vaksinasi covid-19 sudah 24.701 tenaga kesehatan dan pelayan publik di Kabupaten Bekasi telah mengikuti vaksinasi Covid-19
dosis kesatu. Dari jumlah tersebut, 10.418 orang merupakan SDM kesehatan dan 14.283 orang tenaga pelayan publik.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bekasi, Uju mengatakan, vaksinasi tahap kedua untuk masyarakat Kabupaten Bekasi akan dilakukan secepatnya, dengan tenaga vaksinator yang akan diperbanyak.

“Tidak hanya dari Puskesmas dan rumah sakit, tapi kita juga akan melibatkan pihak swasta, dengan menggunakan gedung-gedung besar untuk tempat vaksinasi agar cepat karena target Jawa Barat 6 juta harus selesai bulan Juni,” kata Uju, usai mengikuti Rapat Koordinasi secara virtual bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, di Command Center, Diskominfosantik Kabupaten Bekasi, Senin (08/03/21).

Sekda mengatakan, dalam rapat kordinasi tersebut, Gubernur Jawa Barat memberi arahan agar Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat berbasis mikro (PPKM Mikro) lebih ditingkatkan.

“Terutama kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan 5M, yakni memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas agar mata rantai penyebaran Covid-19 ini berakhir,” ujarnya.

Uju juga menyampaikan untuk setiap masing-masing pemerintah daerah perlu membuat perencanaan di level kabupaten/kota untuk menyelesaikan target vaksinasi tahap kedua paling lambat bulan Juni 2021.(*)