Tabuh gendang Tasa di Pariaman Sumatera Barat pada Peringatan Puncak Hari Nusantara ke -19 sabet rekor MURI 1001. Sebanyak 1000 penabuh gendang ini libatkan berbagai pelajar di Pariaman. 

“Alhamdulillah hari ini Kota Pariaman kembali meraih rekor muri pada kegiatan menabuh 1001 gandang tasa di puncak Hari Nusantara 2019 di Kota pariaman. Meskipun hanya dengan waktu singkat untuk latihan namun hasilnya sangat memuaskan. Gandang tasa sengaja kita siapkan untuk menyambut tamu – tamu istimewa yang datang pada puncak Hari Nusantara 2019 dan sekalian untuk memperkenalkan kepada para Menteri Kabinet Indonesia Maju alat musik tradisional Pariaman, “ ungkap Walikota Pariaman Genius Umar.

Atraksi kali ini 1001 gandang tasa ditabuh menyambut para Menko Perekonomian Airlangga Sutarto, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Wakil Gubernur Sumatera Barat, kepala Staf TNI-AL, Kepala Staf TNI-AU, Walikota dan Wakil Walikota Kota Pariaman serta undangan lainnya.

Gandang tasa merupakan salah satu alat musik tradisional Pariaman yang biasanya digunakan untuk pesta seperti pesta pernikahan, acara hoyak tabuik piaman, alek nagari dan acara lainnya. Memainkan gandang tasa butuh kekuatan, keahlian dan jiwa seni yang tinggi karena memainkan gandang tasa mempunyai banyak modifikasi.

“Saya atas nama pemerintah Kota Pariaman mengucapkan banyak terima kasih kepada anak – anak penabuh gendang tasa yang sangat bersemangat sekali menampilkan atraksinya pagi ini. Ucapan terima kasih juga kepada pelatih, orang tua dan guru pendamping yang selalu sabar mendampingi  anak – anak kita latihan, “ tambahnya.

Pemberian rekor muri untuk 1001 penabuh gandang tasa diberikan saat acara puncak Hari Nusantara 2019 yang dipusatkan di Kota Pariaman. Hari Nusantara 2019 telah dilaksanakan sejak tanggal 7 s.d 14 Desember 2019 hari ini. Latihan gandang tasa juga dimulai satu minggu sebelum puncak Hari Nusantara.

Selain atraksi tabuh 1001 gendang kuga pengunjung disuguhi aksi akrobatik penerjun payung dari TNI AL. Para 28 penerjun payung tersebut diluncurkan dari pesawat NC 212.  Aksi mereka menghziasi langit Pantai Gondariah Pariaman. 

Dengan event ini Genius berharap bisa meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kota Pariaman. “Kota Patiaman kecil dengan adanya event ini mudah-mudahan orang mengetahui dan terus berkunjung sehingga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat,”pungkasnya.(*)