Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Kabupaten Bekasi didorong menjadi UKM berbasis digital. Mengingat saat ini sudah zaman atau era digital agar mampu bersaing dan tak ketinggalan.

Untuk itu Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Kabupaten Bekasi terus mendorong transformasi UKM konvensional ke era digital.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bekasi, Iyan Priatna, mengakui Go Digitalisasi UKM menjadi bagian penting untuk percepatan kemajuan usaha kecil menengah itu.

Ia menyebutkan, saat ini proses transaksi masyarakat banyak didominasi layanan pesan antar dengan menggunakan aplikasi jual beli online.

“Memang untuk percepatan kemajuan UKM harus bertranfsormasi ke era digital,” jelas Iyan.

Karena itu pihaknya terus berusaha mendorong agar keberadaan UKM di Kabupaten Bekasi sudah melek dengan teknologi digital.

“Bagaimananpun, digitalisasi harus diakui telah mempengaruhi lini perekonomian termasuk UKM,” ujarnya.

Selain itu, Iyan juga mengatakan, dengan cara digitalisasi UKM, produk yang dipasarkan bisa bersaing dengan dunia bisnis pasar online. Selain itu, jangkauan kosumen pun lebih luas.

“Ya dengan cara ini produknya bisa lebih bersaing, terutama dalam harga, penetrasi pasar lebih cepat dan banyak lagi keuntungannya,” tambahnya.

Sebelumnya, Dinas Koperasi dan UMK Kabupaten Bekasi menggelar pelatihan penciptaan wira usaha baru pada Januari tahun lalu. Melalui kegiatan itu ia berharap agar UKM kreatif dalam memasarkan produk dengan menggunakan teknologi Go Digital.(*)